Bahan dan Kandungan yang Harus Dihindari Oleh Kulit Sensitif dalam Produk Skincare

Produk skincare atau perawatan kulit umumnya sangat dibutuhkan untuk mewujudkan kulit yang sehat dan terawat. Namun, ada beberapa bahan dan kandungan yang sebaiknya dihindari dalam produk skincare, terutama bagi orang yang memiliki kulit sensitif atau rentan terhadap iritasi.

Meksipun bermanfaat bagi kulit, tidak semua produk skincare aman digunakan pada jenis kulit tertentu. Bagi kulit sensitif, ada beberapa bahan dan kandungan yang sebaiknya tidak digunakan secara berlebihan. Jika bahan tersebut sering terpapar dengan kulit, maka tingkat iritasi dan peradangan akan lebih tinggi.

Oleh karena itu, ada beberapa bahan dan kandungan yang harus diperhatikan saat memilih produk skincare. Berikut beberapa bahan yang cukup berbahaya untuk kulit sensitif:

1. Paraben

  • Paraben adalah bahan pengawet yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit dan kosmetik. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa paraben dapat memiliki efek estrogenik yang berpotensi mengganggu keseimbangan hormonal tubuh.

2. Fragrance atau Parfum

  • Fragrance atau parfum sering ditambahkan ke dalam produk perawatan kulit untuk memberikan aroma yang menyenangkan. Namun, bahan-bahan pewangi ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif atau bahkan memicu reaksi alergi.

3. Alkohol

  • Alkohol memang banyak ditemukan di dalam produk pembersih wajah. Beberapa jenis alkohol, terutama alcohol denat atau ethanol, dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan iritasi, terutama bagi orang dengan kulit kering atau sensitif.

4. Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Sodium Laureth Sulfate (SLES)

  • SLS dan SLES adalah agen pembersih yang sering digunakan dalam produk-produk perawatan kulit dan pembersih. Namun, bahan ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi, terutama pada orang dengan kulit sensitif jika digunakan secara berlebihan.

5. Minyak Mineral

  • Minyak mineral adalah produk sampingan dari produksi minyak bumi dan sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Namun, minyak mineral cenderung menyumbat pori-pori dan dapat menyebabkan jerawat atau komedo bagi kulit yang sensitif.

6. Formaldehida dan Formaldehida Releasers

  • Formaldehida adalah bahan kimia yang digunakan sebagai pengawet dalam produk perawatan kulit dan kosmetik. Namun, formaldehida dapat menyebabkan iritasi kulit dan bahkan diklasifikasikan sebagai karsinogen potensial oleh International Agency for Research on Cancer (IARC).

7. Bahan Pewarna Buatan

  • Bahan pewarna buatan, terutama yang memiliki nomor FD&C atau D&C. Bahan ini dapat menyebabkan reaksi alergi atau iritasi kulit pada pemilik kulit sensitif. Terlebih jika kadar pewarna buatannya lebih banyak dan pemilihan bahan dukungan yang salah akan menyebabkan peradangan pada kulit.

Itulah beberapa bahan dan kandungan yang perlu dihindari kulit sensitif dalam produk skincare. Kulit sensitif memiliki cara penanganan yang khusus, sehingga diperlukan produk skincare yang mendukung untuk mengatasi iritasi serta peradangan pada kulit.

Tak hanya kulit sensitif saja, setiap jenis kulit memiliki toleransi tertentu terhadap produk skincare. Jadi, saat memilih produk skincare, penting bagimu untuk melihat bahan dan kandungan dengan cermat. Dengan memperhatikan kandungan sebelum menggunakan produk, kulit akan terhindar dari efek samping yang merugikan.

Informasi produk dan konsultasi kecantikan GRATIS, hubungi Beauty Consultant terdekat di kota kamu!
Salam Sehat Dan Cantik bersama Drw Skincare

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

DRW Skincare
Logo
Enable registration in settings - general
Open chat
1
Scan the code
Informasi & Konsultasi
Halo kak, ada yang bisa DRW Skincare bantu?
Shopping cart