Berbahayakah Menggunakan Scrub Setiap Hari? Simak Selengkapnya di Sini

Menggunakan scrub wajah setiap hari bisa berpotensi berbahaya untuk kulit. Kok bisa? Seberapa bahayanya menggunakan scrub setiap hari? Nah, untuk menemukan jawabannya, yuk simak terlebih dulu informasi yang dijabarkan dalam artikel berikut ini. Dengan mengulasnya, kamu jadi tahu efek menggunakan scrub setiap hari pada kulit.

Scrub atau eksfoliasi mekanik merupakan cara untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran dari permukaan kulit. Namun, ketika scrub digunakan secara berlebihan, cara ini dapat memiliki efek negatif pada kulit. Kenapa bisa begitu? Padahal scrub berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit dan membantu kulit lebih bersih karena terbebas dari sel kulit mati.

Ternyata, bahaya penggunaan scrub setiap hari ini dapat berpengaruh pada elastisitas serta produksi sebum pada kulit. Meskipun dapat mengangkat sel kulit mati, jika scrub dilakukan setiap hari, pelindung alami pada kulit akan terangkat dan menyebabkan permukaannya menipis. Jika kulit sudah menipis, rentan terkena iritasi hingga kemerahan. Untuk alasan lainnya, simak poin-poin berikut.

Inilah beberapa alasan mengapa penggunaan scrub harian bisa berbahaya:

1. Kulit dapat menjadi Iritasi

  • Menggosok kulit terlalu sering atau terlalu keras dengan scrub dapat menyebabkan iritasi, peradangan, kemerahan, dan bahkan luka pada kulit. Kondisi ini berlaku untuk orang dengan kulit sensitif, karena iritasi akan lebih mudah terjangkit jika kulit menipis.

2. Penyumbatan Pori-pori

  • Jika scrub digunakan terlalu sering, hal itu bisa menyebabkan penyumbatan pori-pori. Pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan jerawat dan komedo, belum lagi jika jenis kulit yang berminyak.

3. Gangguan Lapisan Pelindung Kulit

  • Kulit memiliki lapisan pelindung alami yang disebut lapisan asam lipid. Menggunakan scrub terlalu sering dapat merusak lapisan ini dan menyebabkan kulit menjadi lebih rentan terhadap iritasi dan infeksi.

4. Kehilangan Kelembapan

  • Scrub dapat menghilangkan minyak alami kulit yang diperlukan untuk menjaga kulit tetap lembap. Penggunaan yang berlebihan dapat membuat kulit kering dan terasa tegang. Bahkan juga bisa mengurangi kontrol minyak alami sehingga kulit kehilangan kelembapannya.

5. Peradangan Kulit

  • Penggunaan scrub yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan kulit, yang bisa membuat kondisi kulit tertentu seperti rosacea atau dermatitis semakin parah. Bahkan menggunakan scrub setiap hari juga bisa menyebabkan kulit kemerahan dan hingga membuatnya semakin meradang.

Itulah seberapa bahayanya menggunakan scrub setiap hari yang dapat menyebabkan dampak negatif pada kulit. Untuk sebagian besar orang, disarankan untuk menghindari penggunaan scrub wajah setiap hari. Terlebih jika memiliki jenis kulit yang sensitif dan mudah terkena risiko iritasi. Sebaiknya, lakukan eksfoliasi wajah sesuai dengan jenis kulit hanya dengan melakukan scrub cukup 1-3 kali seminggu. Pertimbangkan juga penggunaan produk eksfoliasi kimia yang lebih lembut, seperti AHA (Alpha Hydroxy Acid) atau BHA (Beta Hydroxy Acid), yang tidak perlu digunakan setiap hari.

Jadi, setelah mengetahui seberapa bahayanya menggunakan scrub setiap hari, lebih baik hindari proses perawatan ini secara rutin. Jika ingin kulit wajah tetap bersih, alihkan dengan rajin membersihkan wajah dan menerapkan perawatan yang aman dilakukan untuk kulit. Dengan tidak melakukan scrub setiap hari, elastisitas serta kelembapan kulitmu pasti akan terjaga.

Informasi produk dan konsultasi kecantikan GRATIS, hubungi Beauty Consultant terdekat di kota kamu! Salam Sehat Dan Cantik bersama Drw Skincare

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

DRW Skincare
Logo
Enable registration in settings - general
Open chat
1
Scan the code
Informasi & Konsultasi
Halo kak, ada yang bisa DRW Skincare bantu?
Shopping cart