Cara Mengurangi Minyak Berlebih Pada Wajah yang Tepat dan Efektif

Masalah umum yang kerap terjadi pada kulit adalah adanya produksi minyak berlebih pada wajah. Bagi sebagian orang yang mengalami hal ini, tentu saja mencari cara untuk mengatasinya. Lalu bagaimana cara mengurangi minyak berlebih pada wajah yang tepat dan efektif agar terhindar dari permasalahan kulit lainnya? Yuk simak tips dan triknya dengan mengulas penjelasannya di bawah ini.

Produksi sebum yang berlebih akan menyebabkan kulit wajah berminyak. Jika kulit sudah berminyak, maka pori-pori tersumbat dan kulit akan rentan terkena risiko permasalahan kulit seperti komedo dan jerawat. Kulit yang berminyak, umumnya tidak hanya disebabkan oleh perubahan hormon saja. Namun juga bisa disebabkan oleh penggunaan produk yang tidak tepat, terpapar AC yang terlalu dingin, tidak menggunakan pelembab, hingga terlalu sering mencuci muka.

Penyebab tersebut harus dicegah agar terhindar dari keluhan pada wajah yang akan semakin memperparah performa kulit. Oleh karena itu, produksi minyak berlebih pada wajah harus dikurangi dengan cara-cara di bawah ini. Berikut cara mengurangi minyak berlebih pada wajah yang tepat dan efektif agar kamu bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Inilah tips mudahnya mengurangi minyak berlebih pada wajah:

  1. Pilih Pembersih Wajah yang Tepat
    • Gunakan pembersih wajah yang lembut dan bebas alkohol. Hindari pembersih yang terlalu keras, karena dapat merangsang produksi minyak berlebih sebagai respons pertahanan alami kulit.
    • Saat memilih pembersih wajah, perhatikan juga kandungan terkait agar dapat mengatasi permasalahan kulitmu.
  2. Cuci Wajah Dengan Benar
    • Cuci wajah dua kali sehari, pagi dan malam untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa-sisa makeup. Gunakan air hangat, bukan air panas, agar tidak mengiritasi kulit.
    • Jangan menggosok wajah terlalu keras, cukup dengan gerakan yang lembut. Selain itu, jangan sering-sering membersihkan wajah agar minyak alami pada wajah tidak terkikis dan menyebabkan kulit kering.
  3. Gunakan Toner
    • Toner membantu menyeimbangkan pH kulit dan mengurangi minyak berlebih. Pilih toner yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat atau asam alfa hidroksi (AHA) untuk membantu mengontrol minyak.
    • Toner dapat digunakan untuk membersihkan wajah dari sisa-sisa kotoran yang masih menempel. Toner sering direkomendasikan untuk kulit berminyak agar terhidrasi.
  4. Gunakan Produk Perawatan Kulit yang Tepat
    • Gunakan produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk kulit berminyak. Ini termasuk serum dan pelembap non-komedogenik yang ringan.
    • Hindari produk yang justru menyebabkan kulit semakin berminyak karena akan menarik komedo dan bakteri jerawat bermunculan.
  5. Hindari Produk yang Mengandung Minyak
    • Periksa label produk perawatan kulit dan hindari yang mengandung minyak. Sebaiknya gunakan produk bebas minyak atau berlabel oil-free.
    • Hindari juga pemakaian minyak pada kulit wajah yang mudah berminyak agar produksi sebum dapat terkontrol dengan baik.
  6. Gunakan Masker Lumpur atau Clay Mask
    • Menggunakan masker juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah. Namun yang digunakan haruslah masker lumpur atau clay mask yang mengandung bahan untuk mengontrol produksi minyak dan membersihkan pori-pori.
  7. Jaga Kebersihan Peralatan Makeup
    • Untuk kulit berminyak, perhatikan serta pastikan kuas makeup, spons, dan alat makeup lainnya tetap bersih agar tidak menyumbat pori-pori.
    • Jangan menggunakan peralatan makeup milik orang lain atau bahkan meninggalkannya dalam keadaan kotor.
  8. Hindari Sentuhan Wajah yang Berlebihan
    • Saat kulit berminyak, hindari menggosok atau menyentuh wajah terlalu sering, karena dapat menyebabkan iritasi dan meningkatan produksi minyak berlebih.
    • Pastikan juga tangan selalu bersih agar saat tidak sengaja menyentuh wajah, tidak ada reaksi berlebih yang ditinggalkan.
  9. Perhatikan Pola Makan dan Hidrasi
    • Makan makanan sehat dan seimbang, dan pastikan cukup minum air. Pola makan yang sehat dan baik perlu diperhatikan bagi pemilik wajah berminyak. Konsumsi makanan kaya antioksidan seperti buah dan sayuran serta hindari makan-makanan yang berminyak serta berlemak.
    • Mengonsumsi air putih juga penting dalam mengontrol hidrasi dalam kulit. Oleh karena itu, hindari minuman yang tidak sehat dan beralih ke minum air putih untuk keseimbangan kulit tubuh yang baik.

Beberapa cara di atas bisa dilakukan untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah secara efektif. Perlu diperhatikan, dalam mengontrol minyak berlebih pada wajah, kamu juga harus menggunakan produk yang mendukung. Untuk jenis kulit berminyak, hindari produk-produk yang justru akan memunculkan keluhan atau permasalahan baru pada kulit.

Namun, saat kulit berminyak sudah cukup parah, segera konsultasikan ke dokter atau ahli kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Hindari pantangan serta larangan yang memperburuk kondisi kulit dan beralihlah untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit. Bahkan dengan menerapkan pola hidup sehat, kondisi kulitmu juga akan terlihat lebih terawat. Nah, itulah secuil informasi seputar cara mengurangi minyak berlebih pada wajah yang tepat dan efektif.

Informasi produk dan konsultasi kecantikan GRATIS, hubungi Beauty Consultant terdekat di kota kamu!
Salam Sehat Dan Cantik bersama Drw Skincare

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

DRW Skincare
Logo
Enable registration in settings - general
Open chat
1
Scan the code
Informasi & Konsultasi
Halo kak, ada yang bisa DRW Skincare bantu?