Eksfoliasi Setiap Hari Bikin Kulit Putih, Fakta atau Mitos? Ternyata Begini Penjelasannya

Melakukan perawatan kulit dan kecantikan adalah langkah yang perlu diambil oleh semua orang untuk mendapatkan kulit yang bersih, terawat, serta bercahaya. Dalam prosesnya, ada beberapa langkah rutin yang harus dilakukan, termasuk eksfoliasi. Namun, masih banyak yang menganggap eksfoliasi dapat memutihkan kulit apabila dilakukan setiap hari. Lalu, fakta atau mitos eksfoliasi setiap hari bikin kulit putih? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Eksfoliasi kulit merupakan proses pengangkatan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Eksfoliasi dapat membantu meningkatkan tekstur kulit, mengurangi hiperpigmentasi, mencegah penuaan dini, dan memberikan kulit yang lebih cerah. Namun, untuk eksfoliasi setiap hari sangat tidak dianjurkan karena bisa menyebabkan masalah kulit seperti ruam, iritasi, kulit kemerah-merahan, hingga peradangan.

Fakta soal eksfoliasi ini didukung dengan pengaruh yang diakibatkan setelah melakukan pelepasan pada sel kulit mati yang ada pada bagian luar kulit. Apabila eksfoliasi dilakukan terlalu sering, maka lapisan luar pada sel kulit akan hilang. Kulit akan cenderung menipis, hingga menyebabkan peradangan atau kemerahan, serta kulit menjadi lebih kering dan sensitif.

Eksfoliasi setiap hari bikin kulit putih adalah mitos. Justru ada dampak dan pengaruh yang diakibatkan dari melakukan eksfoliasi setiap hari.

Berikut penjelasan mengenai eksfoliasi setiap hari dan efeknya pada kulit:

1. Eksfoliasi Setiap Hari Tidak Disarankan

Eksfoliasi setiap hari dengan scrub atau produk kimia yang kuat dapat mengiritasi dan merusak lapisan atas kulit. Kulit memerlukan waktu untuk proses regenerasi dan pemulihan setelah eksfoliasi, dan jika dilakukan terlalu sering, kulit dapat menjadi kering, kemerahan, atau sensitif.

Eksfoliasi Setiap Hari Bikin Kulit Putih, Fakta atau Mitos? Ternyata Begini Penjelasannya
Eksfoliasi Setiap Hari Bikin Kulit Putih, Fakta atau Mitos? Ternyata Begini Penjelasannya

2. Perbedaan Jenis Kulit

Efek eksfoliasi dapat bervariasi tergantung pada jenis kulit seseorang. Orang dengan kulit sensitif atau kulit kering lebih rentan terhadap iritasi dan masalah akibat eksfoliasi harian.

3. Masalah Kulit

Penggunaan eksfoliasi yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan dan memperburuk masalah kulit seperti jerawat, rosacea, dan dermatitis.

4. Gangguan Penghalang Kulit

Eksfoliasi berlebihan dapat merusak penghalang kulit alami, yang bertugas melindungi kulit dari kerusakan dan infeksi. Ini dapat menyebabkan kulit lebih rentan terhadap iritasi dan masalah kulit lainnya.

5. Eksfoliasi yang Tepat

Eksfoliasi yang dilakukan tepat dan teratur dapat membantu menjaga kulit tetap sehat. Disarankan untuk eksfoliasi kulit wajah 1-2 kali seminggu, tergantung pada jenis kulit Anda dan jenis produk eksfoliasi yang Anda gunakan.

6. Pertimbangkan Produk yang Digunakan

Untuk mendapatkan kualitas kulit yang maksimal, pilihlah produk eksfoliasi yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit. Hindari produk yang mengandung butiran scrub yang kasar atau bahan kimia yang terlalu kuat agar kulit wajah terhindar dari iritasi.

Sebagai gantinya, lakukan rutinitas perawatan kulit yang seimbang dengan membersihkan, menghidrasi, dan melindungi kulit dari sinar matahari. Melakukan perawatan yang seimbang pada kulit akan membantu menghindari serta mencegah hal-hal atau permasalahan yang datang. Menjaga kebersihan kulit menjadi langkah paling utama dan sederhana yang bisa dilakukan untuk membuat kulit wajah tampak lebih bersih, sehat, terawat, dan bercahaya.

Informasi produk dan konsultasi kecantikan GRATIS, hubungi Beauty Consultant terdekat di kota kamu!
Salam Sehat Dan Cantik bersama Drw Skincare

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

DRW Skincare
Logo
Enable registration in settings - general
Open chat
1
Scan the code
Informasi & Konsultasi
Halo kak, ada yang bisa DRW Skincare bantu?