Mitos dan Fakta Seputar Sunscreen yang Wajib Diwaspadai, Catat Tipsnya!

Masih sering diabaikan penggunaannya, sunscreen memiliki peranan penting dalam menjaga dan melindungi kesehatan kulit. Bahkan tidak sedikit mitos penggunaan sunscreen yang rupanya kerap terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Adanya mitos-mitos seputar penggunaan sunscreen mewajibkan adanya tambahan informasi untuk menjawab keresahan banyak orang. Ketahui mitos dan fakta seputar sunscreen yang harus diwaspadai dalam penjelasan di bawah ini.

Inilah beberapa mitos dan fakta seputar penggunaan sunscreen yang perlu diperhatikan agar kamu tidak salah dalam penggunaannya:

Mitos: Kulit Gelap Tidak Memerlukan Sunscreen

Fakta: Semua Jenis Kulit Memerlukan Perlindungan Matahari

  • Kulit gelap juga dapat terbakar dan mengalami kerusakan dari paparan sinar matahari. Meskipun risiko kanker kulit lebih rendah, tetapi kulit tetap perlu dilindungi dari sinar UV. Baik kulit putih, sawo matang, kuning langsat, maupun hitam tetap harus menggunakan sunscreen agar terhindar dari efek buruk sinar matahari.

Mitos: Menggunakan Sunscreen Sehari-hari Tidak Diperlukan

Fakta: Sunscreen Diperlukan Setiap Hari, Terlebih di Dalam atau Luar Ruangan

  • Usahakan untuk selalu menggunakan sunscreen setiap hari meskipun sedang berada di dalam maupun di luar ruangan. Sinar matahari yang masuk lewat celah jendela maupun ventilasi juga memberikan dampak yang buruk apabila terpapar kulit yang tidak terlindungi sunscreen.

Mitos: Sunscreen Tidak Perlu Digunakan saat Mendung

Fakta: Sinar UV Tetap Menembus Awan dan Mendung

  • Sinar ultraviolet (UV) dapat menembus awan dan mendung, sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Gunakan sunscreen bahkan saat cuaca mendung agar kulit tetap mendapat perlindungan dari efek buruk sinar matahari. Poin yang satu ini sering kali diabaikan dan diremehkan karena yakin jika sinar matahari tidak akan menembus awan mendung.

Mitos: SPF yang Tinggi Memberikan Perlindungan Sepanjang Hari

Fakta: Reaplikasi Sunscreen Diperlukan Meskipun dengan SPF Tinggi

  • SPF (Sun Protection Factor) hanya mengindikasikan seberapa lama kulit dapat terlindungi dari sinar UVB. Maka dari itu, kamu harus reaplikasi sunscreen setiap 4-5 jam setiap hari. Setelah berenang atau berkeringat penggunaan sunscreen tetap diperlukan, terlepas dari seberapa besarnya SPF yang terkandung di dalamnya.
Mitos dan Fakta Seputar Sunscreen yang Wajib Diwaspadai, Catat Tipsnya!
Mitos dan Fakta Seputar Sunscreen yang Wajib Diwaspadai, Catat Tipsnya!

Mitos: Menggunakan Foundation dengan SPF Cukup

Fakta: Foundation Tidak Cukup sebagai Sunscreen Utama

  • Meskipun beberapa produk makeup memiliki SPF, jumlah yang digunakan mungkin tidak mencukupi untuk memberikan perlindungan yang cukup. Untuk itu, gunakan sunscreen secara terpisah dengan mengaplikasikannya sebelum memakai foundation. Beberapa orang percaya jika menggunakan foundation mampu melindungi kulit dari sinar matahari, namun sayangnya hal tersebut tidak dapat dibenarkan.

Mitos: Semua Sunscreen Aman untuk Wajah

Fakta: Pilih Sunscreen yang Sesuai untuk Wajah

  • Beberapa sunscreen mungkin terlalu berat atau menyebabkan iritasi pada wajah. Pilih sunscreen yang dirancang khusus untuk wajah dan sesuai dengan jenis kulit agar pengaplikasiannya ringan serta gampang terserap. Dalam penanganannya, kulit wajah yang berjerawat dan normal membutuhkan kandungan yang berbeda. Sehingga sunscreen yang digunakan juga harus berbeda. Kulit yang berjerawat tidak bisa menggunakan sunscreen untuk kulit normal karena memiliki komposisi yang tidak sama.

Mitos: Sunscreen Tidak Akan Menyebabkan Bekas Jerawat atau Pori Tersumbat

Fakta: Pilih Sunscreen yang Non-Komedogenik

  • Beberapa sunscreen bisa membuat kulit berminyak atau berjerawat menjadi lebih buruk. Pilih produk yang non-komedogenik untuk menghindari masalah ini. Untuk wajah yang berjerawat, sunscreen dengan kandungan non-komedogenic dapat mencegah tersumbatnya pori-pori.

Mitos: Sunscreen Cukup Diterapkan Sekali Saja

Fakta: Reaplikasi Sunscreen Diperlukan Setiap Beberapa Jam

  • Sunscreen akan hilang dari kulit seiring waktu dan setelah aktivitas tertentu. Reaplikasi setiap 4-5 jam sekali dan gunakan setelah melakukan aktivitas yang bisa menghilangkan sunscreen. Sunscreen yang diaplikasikan pada wajah akan luntur seiring dengan berjalannya waktu, reaplikasi sunscreen berguna untuk mencegah penuaan pada kulit hingga flek hitam.

Sunscreen atau tabir surya memiliki peranan penting untuk kulit. Kandungan yang ada di dalamnya mampu melindungi kulit dari efek buruk sinar UV dan mencegah hiperpigmentasi. Sunscreen juga bermanfaat untuk mencegah flek hitam serta kulit kusam sehingga penggunaannya sangat dibutuhkan oleh kulit. Setelah mengetahui mitos dan fakta seputar sunscreen, kini terapkan kebiasaan-kebiasaan baik saat menggunakan sunscreen untuk menghindari serta mencegah dampak buruknya pada kulit.

Bagi kamu yang masih bingung cari sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit, gunakan Suncreen DRW Skincare yang diformulasikan dengan bahan-bahan berkualitas. Sunscreen DRW Skincare yang ampuh untuk lindungi kulit dari paparan sinar UV matahari ini bisa didapatkan lewat Katalog DRW Skincare yang tersedia di website drwskincare.com. Bisa dibeli lewat Beauty Consultant DRW Skincare, produk racikan dr. Wahyu Triasmara ini juga bisa ditemukan juga di e-commerce resmi DRW Skincare. Hati-hati produk palsu, produk-produk asli DRW Skincare hanya tersedia di ketiga rekomendasi di atas sehingga jangan sampai tertipu.

Informasi produk dan konsultasi kecantikan GRATIS, hubungi Beauty Consultant terdekat di kota kamu!
Salam Sehat Dan Cantik bersama Drw Skincare

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

DRW Skincare
Logo
Enable registration in settings - general
Open chat
1
Scan the code
Informasi & Konsultasi
Halo kak, ada yang bisa DRW Skincare bantu?